Jakpus Gelar Lomba Kerja Bakti, Rombongan Tim Penilai Tingkat Kota Nilai 4 Titik Lokasi Kelurahan

Avatar photo

- Pewarta

Minggu, 7 Januari 2024 - 18:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

HEIJAKARTA.COM – Kegiatan lomba kerja bakti Jakarta Gotong Royong tingkat kota Jakarta Pusat (Jakpus) hari ini di mulai, Minggu (7/1/2024).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Adapun, empat titik lokasi lomba kerja bakti yang dikunjungi Tim Penilai Kerja Bakti Lomba Jakarta Gotong Royong Tingkat Kota Administrasi Jakpus diantaranya, lingkungan RW 03 Kelurahan Cikini Kecamatan Menteng, RW 09 Kelurahan Kwitang Kecamatan Senen, RW 01 RW.04 dan RW.05 Kelurahan Cideng (Kecamatan Gambir), dan RW 07 dan 09 Kelurahan Kampung Bali Kecamatan Tanah Abang ini dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakpus Bakwan Ferizan Ginting didampingi Kabag PKLH Setko Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus.

Asisten Ginting menerangkan, bahwa penilaian lomba kerja bakti ini berdasar Instruksi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Nomor: 100 Tahun 2023 tentang Lomba Gotong Royong yang merujuk pada keaktifan warga masyarakat dalam melaksanakan kerja bakti.

Ginting menerangkan, lomba kerja bakti ini dilaksanakan secara berjenjang maka setiap satu kecamatan diwakili oleh satu kelurahan sehingga ada delapan kelurahan yang akan dinilai. Minggu depan tim penilai juga akan melakukan evaluasi atas kinerja para warga yang telah dipilih mewakili masing-masing kecamatan.

“Penilaian lomba kerja bakti meliputi tiga kriteria diantaranya, partisipasi warga, kebersihan lingkungan, dan keasrian lingkungan. Bobot nilainya 75 persen, nanti 25 persennya lagi adalah BPS RW-nya,” ungkap Ginting.

Senada dengan Ketua TP PKK Kota Jakpus Hj. Ucu Jamilah sangat senang meskipun dilingkungan pemukiman padat tetap terlihat asri, sudah ada pengelolaan sampah maupun komposting nya.

Menurut Hj. Ucu, kegiatan gotong royong ini sangat bagus dan menjadi budaya yang baik untuk warga menjaga lingkungan contohnya, melakukan pilah sampah sehingga sampah yang dibuang ke TPA menjadi berkurang.

“Keren-keren dan rapi-rapi, warganya juga cukup kompak dan silaturahminya pasti terjalin dengan baik, partisipasi warga masyarakat sangat penting dalam menjaga lingkungan, karena yang punya lingkungan ini memang warga masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan pertemuan ini, Ucu mengajak warga masyarakat untuk menjaga lingkungan dan melakukan pengolahan sampah.

“Ayo warga Jakarta Pusat biasakan menjaga lingkungan, pilah sampah dan menjadi budaya gotong royong dan kebiasaan kita sebagai warga masyatakat Jakarta,” harapnya.

Pantauan di lokasi, kerja bakti yang diikuti wsrga masyarakat terlihat sangat antusias membersihkan lingkungan masing-masing dengan menyapu sampah, menguras saluran air.

Ketua RW 09 Kelurahan Kwitang Hadiansyah senang dengan adanya lomba Jakarta Gotong Royong ini sangat optimis untuk wilayahnya akan menjadi yang terbaik di tingkat kota.

“Kegiatan kerja bakti dapat berjalan lancar, warga masyarakat pun antusias, tadi juga kita bersihkan sampahbyang yang ada di jjalan dan saluran di mulai pada pukul 07.00 Wib pagi, Alhamdulillah sudah bersih,” ujarnya.

Hal senada juga diutarakan, Ketua RW 01 Cideng Dadang menegaskan bahwa kerja bakti ini merupakan rutinitas yang dilakukan tiap minggu dan warganya sangat siap dalam mengikuti kegiatan penilaian lomba Gotong Royong Jakarta ini. Menurut dia dari total sebanyak 16 RT di RW 01diikuti sekitar 500 warga masyarakat,” jelasnya menambahkan, warga masyarakat mendukung untuk bersih-bersihnya, lebih dari itu sebagai ajang silaturahim yang harus tetap terjalin dengan erat.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Untuk diketahui dari empat lokasi penilaian kerja bakti lomba Jakarta Gotong tersebut RW 01 RW.04 dan RW.05 Kelurahan Cideng volume sampah 25 M3 dan RW 07, 09 Kelurahan Kampung Bali volume sampah 12 M3. Sedangkan, RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, RW 05 Kelurahan Cikini volume sampah 30 M3 dan RW 09 Kelurahan Kwitang volume sampah 8 M3.

Sementara itu, dalam kegiatan penilaian lomba kerja bakti Jakarta Gotong Royong tingkat kota Jakpus ini ditinjau orang pertama dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakpus Dhany Sukma dengan mengendarai sepada motor listrik (molis) ke sejumlah titik lokasi kerja bakti. (ir). ***

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Penulis : Lilo

Editor : Irvan Siagian

Berita Terkait

Polsek Matraman Ungkap Kronologi Pelajar SMP Tewas Tersambar Kereta Api Saat Bikin Konten
Pembangunan Langgar Izin Tambah Banyak di Kecamatan Kemayoran, Tokoh: ‘Catatan Buruk Awal Tahun 2024, Pj Gubernur DKI Heru Dihadiahi Kado Pembangunan Melanggar’
Puluhan Orang Tua Murid Sekolah Swasta Terharu Terima Ijazah Anaknya, Terima Kasih Sohib Prass
Pasukan LH Bersih-bersih Usai Massa Apdesi yang Demo di Gedung DPR Tinggalkan Sampah di Jalanan
TPD DKI Jakarta Ganjar – Mahfud Buka Pelayanan Kesehatan, Relawan Berbondong-bondong Ikut Antrian
Seminar Pusbimdik Khonghucu Diikuti 150 Peserta, Dibuka Wamenag Saiful Dasuki
Polisi Tangkap Pelaku di Bekasi, Tipu Wanita Malam di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta
Cabuli Anak di Bawah Umur Akibat Sering Nonton Film Porno, Polisi Tangkap Pria Lanjut Usia
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 08:02 WIB

Termasuk Bisa Menjaga Kesehatan Jantung, Inilah 5 Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 17 November 2023 - 09:55 WIB

Termasuk Bisa Jaga Kesehatan Saluran Pernapasan, Berikut adalah 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Minggu, 16 Juli 2023 - 17:23 WIB

8 Manfaat Berhenti Merokok, Termasuk Meningkatan Kemampuan dalam Hal Rasa dan Penciuman

Minggu, 11 Juni 2023 - 15:00 WIB

7 Artikel Menarik Seputar Emosi Marah, dari Faktor-faktor Penyebabnya hingga Cara Hadapi Orang Pemarah

Rabu, 7 Juni 2023 - 08:55 WIB

Termasuk Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat, Berikut ini 7 Keuntungan Pemberitaan yang Masif

Selasa, 6 Juni 2023 - 09:52 WIB

Salah Satunya Bangun Citra yang Positif, Inilah 7 Keuntungan Pemberitaan yang Luas dan Masif bagi Tokoh

Sabtu, 13 Mei 2023 - 08:26 WIB

7 Syarat agar Konten Disukai oleh Situs Pencari Google, Salah Satunya Adalah Penelitian Kata Kunci

Berita Terbaru