Tim Lomba Gotong Royong Tingkat DKI Jakarta Menilai BPS RW 03 Cikini Terpesona, Sekko Iqbal Akbarudin: ‘Karena Warga nya Guyub dan Kompak Makanya Keren’

Avatar photo

- Pewarta

Kamis, 25 Januari 2024 - 08:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

HEIJAKARTA.COM – Tim Penilaian Lomba Gotong Royong Tingkat Provinsi DKI Jakarta mrnyambangi BPS (Bidang Pengelolaan Sampah (BPS) RW 03 Cikini, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus). Kunjungan tim penilai terdiri dari lima orang, dua penilai berasal dari Biro Tata Pemerintah (Tapem) Provinsi DKI Jakarta dan tiga penilai berasal dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dalam ajang penilaian lomba gotong royong meliputi pengecekan administrasi, kunjungan lapangan serta meninjau kegiatan di lokasi bank sampah dan komposting hingga dua jam terpesona saat melihat aktivitas di lingkungan RW 03.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekko) Jakpus Iqbal Akbarudin kepada Wartawan menerangkan, kegiatan kunjungan tim penilai ini merupakan yang ke dua kali setelah sebelumnya dilakukan kerja bakti di lingkungan RW 01 Cikini pada Minggu (21/1/2024) lalu.

“Kegiatan lomba ini sebagai momen dalam mengevaluasi terkait dengan upaya yang dilakukan masyarakat dalam bergotong royong menciptakan lingkungan bersih, asri, dan produktif, keren warga Cikini guyub dan kompak,” ungkap Iqbal didamlingi Kasudin LH Slamet Riyadi dan Camat Menteng Suprayogie, Rabu (23/1/2024) kemarin.

Lanjit Iqbal mengapresiasi upaya yang dikerjakan warga masyarakat RW 03 Cikini, karenai telah mencapai hasil mulai dari kekompokan dalam kegiatan kerja baki dan menjaga kebersihan lingkungan serta mengeksplorasi beragam potensi pengelolaan lingkungan.

“Dalam bidang pengelolaan sampah, BPS RW 03 telah mampu melibatkan 70 persen dari jumlah rumah tangga maupun , pengangkutan sampah di lingkungan terjadwal dengan baik,” jelas Iqbal.

Selain itu, kata Iqbal pengembangan pengelolaan sampah dengan bank sampah dan komposting berkesinambungan. Hasil dari komposting seperti berupa pupuk padat dan cair itu telah dimanfaatkan dalam mendukung pengembangan urban farming kelompok tani (Poktan) di lahan bantaran Kali Ciliwung, RT 017/03 Cikini, Menteng

“Kami optimistis pencapaian yang sudah diraih warga ini menjadi poin lebih dalam penilaian lomba untuk berprestasi dalam lomba tingkat provinsi. Harapannya, apa yang dilakukan warga masyarakat Cikini dapat terinspirasi dan termotivasi untuk warga masyarakat di lingkungan RW se-Jakarta Pusat,” harap Iqbal.

Ketua RW 03 Cikini Arry Sofyan menambahkan, upaya pembenahan lingkungan ini sudah di mulai sejak 2018 lalu secara bertahap dengan mengedukasi kepada warga untuk aktif terlibat mengelola sampah di lingkungan dengan cara memilah sampah, mendirikan bank sampah, mengaktifkan komposting, serta peningkatan pengelolaan lingkungan.

“Edukasi dilakukan dengan berbagai metode, termasuk kampanye melalui media sosial. Hasilnya dari sekitar 460 rumah tangga di lingkungan RW 03, ada 361 atau 70 persen terlibat memilah sampah. Alhamdulillah saat ini warga merasakan hasilnya dari Bank Sampah ORADES (Orang Raden Saleh) di wilayahnya tersebut,” paparnya. (ir). ***

Penulis : Lilo

Editor : Irvan Siagian

Berita Terkait

Polsek Matraman Ungkap Kronologi Pelajar SMP Tewas Tersambar Kereta Api Saat Bikin Konten
Pembangunan Langgar Izin Tambah Banyak di Kecamatan Kemayoran, Tokoh: ‘Catatan Buruk Awal Tahun 2024, Pj Gubernur DKI Heru Dihadiahi Kado Pembangunan Melanggar’
Puluhan Orang Tua Murid Sekolah Swasta Terharu Terima Ijazah Anaknya, Terima Kasih Sohib Prass
Pasukan LH Bersih-bersih Usai Massa Apdesi yang Demo di Gedung DPR Tinggalkan Sampah di Jalanan
TPD DKI Jakarta Ganjar – Mahfud Buka Pelayanan Kesehatan, Relawan Berbondong-bondong Ikut Antrian
Seminar Pusbimdik Khonghucu Diikuti 150 Peserta, Dibuka Wamenag Saiful Dasuki
Polisi Tangkap Pelaku di Bekasi, Tipu Wanita Malam di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta
Cabuli Anak di Bawah Umur Akibat Sering Nonton Film Porno, Polisi Tangkap Pria Lanjut Usia
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 08:02 WIB

Termasuk Bisa Menjaga Kesehatan Jantung, Inilah 5 Manfaat Tomat bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 17 November 2023 - 09:55 WIB

Termasuk Bisa Jaga Kesehatan Saluran Pernapasan, Berikut adalah 8 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Minggu, 16 Juli 2023 - 17:23 WIB

8 Manfaat Berhenti Merokok, Termasuk Meningkatan Kemampuan dalam Hal Rasa dan Penciuman

Minggu, 11 Juni 2023 - 15:00 WIB

7 Artikel Menarik Seputar Emosi Marah, dari Faktor-faktor Penyebabnya hingga Cara Hadapi Orang Pemarah

Rabu, 7 Juni 2023 - 08:55 WIB

Termasuk Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat, Berikut ini 7 Keuntungan Pemberitaan yang Masif

Selasa, 6 Juni 2023 - 09:52 WIB

Salah Satunya Bangun Citra yang Positif, Inilah 7 Keuntungan Pemberitaan yang Luas dan Masif bagi Tokoh

Sabtu, 13 Mei 2023 - 08:26 WIB

7 Syarat agar Konten Disukai oleh Situs Pencari Google, Salah Satunya Adalah Penelitian Kata Kunci

Berita Terbaru